RSS

Daya Apung laut mati

03 Mar

halohaaaa, dengerr laut mati ? ihhhhh seremm

sebenernya laut mati gak begitu seram seperti yang kita pikirkan, ayo lihat ulasannya🙂

lihat org sedang bersantai di laut mati

 

Laut Mati (nama Ibraninya : Bahr Lut, Laut Lot, atau : Yam Ha Melah, Laut Garam) terletak 392 m di bawah permukaan Laut Tengah. Tempat yang paling dalam di laut ini mencapai 400 m. Dengan demikian, bagiannya yang paling dalam di laut ini mencapai 800 m di bawah permukaan Laut Tengah, dan merupakan titik terendah di permukaan bumi. Panjang laut ini 76 km, lebarnya 16 km. Di sebelah tenggara, Laut Mati dibagi dua oleh suatu semenanjung yang bernama Lisan (=lidah) sehingga masing-masing bagiannya tidak sama besarnya. Bagian lebih kecil, di sebelah selatan merupakan semacam danau garam sedalam 6-8 m. Ciri paling khas dari Laut Mati ini adalah banyaknya kadar garam yang mencapai 24-26 %, tiga kali lebih banyak dari samudera pada umumnya. Air Laut Mati menyimpan banyak mineral, antara lain magnesium klorida, kalsium klorida, magnesium bromida, sodium dan potasium. Lumpur hitam yang dihasilkan oleh laut ini berkhasiat menyembuhkan penyakit, khususnya penyakit kulit dan otot. Karena konsentrasi garamnya sangat tingi, di dalam Laut Mati tidak mungkin ada kehidupan organis di dalamnya. Ikan yang terbawa ke dalamnya, langsung mati.

Tidak akan tenggelam

Pada umumnya, setiap orang yang tercebur ke laut hampir dapat dipastikan akan tenggelam, apalagi jika tak bisa berenang. Tapi percayakah anda bahwa di Laut Mati anda tak akan pernah tenggelam, bahkan disana anda bisa mengapung di laut sambil baca koran. Laut Mati memiliki daya apung yang tinggi karena mengandung kadar garam yang sangat tinggi. Tidak ada ikan, tidak ada burung yang mencari ikan, tidak ada rumput laut dan lainnya.  Karena berat jenis air Laut Mati rata-rata mencapai 1.119, maka manusia yang memiliki berat jenis lebih rendah tidak dapat tenggelam di dalamnya, malah justru mengambang.
Secara geografis, Laut Mati terletak di ujung selatan lembah Yordania. Wilayahnya terbagi dua, sebagian milik Yordania dan sebagian lagi milik Israel. Sebagai tanda perbatasan, dibeberapa tempat laut dipasang kawat berduri dan pada daerah ini pengunjung dilarang mandi.

Keindahan Laut Mati

Selain berkhasiat, konon kabarnya Laut Mati juga memiliki keindahan tersendiri. Air biru kehijau-hijauan yang amat tenang dan bongkah-bongkah garam yang bagaikan unggukan kristal membuat pemandangan menjadi sangat istimewa. Di tepi Laut Mati ini kita bisa menyerok garam yang putih bersih, yang dapat dipakai sebagai garam dapur. Kadar garam yang sangat tinggi di Laut Mati ini juga mempengaruhi kadar garam di udara.

sumber : klik ini ya🙂 dan ini

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 3, 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: