RSS

Penghargaan Nobel

05 Mar

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Hal ini saat ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia, dan seorang penemu dinamit. Dia menandatangani wasiat tersebut di Swedish-Norwegian Club di Paris pada tanggal 27 November 1895. Hal ini dilakukan karena ia terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan yang merusak, dan dia menginginkan agar penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang berjasa besar terhadap kemanusiaan

Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang literatur, fisika, kimia dan obat-obatan pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada tahun 1901. Sejak tahun 1902, penghargaan ini secara formal dianugrahkan oleh Raja Swedia. Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing, namun kemudian beliau mengubah sikapnya, setelah menyadari nilai publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan

Kategori Penghargaan

Penghargaan dianugrahkan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam:

  • Fisika (ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences)
  • Kimia (ditentukan oleh the Royal Swedish Academy of Sciences)
  • Fisiologi atau Kedokteran (ditentukan oleh the Karolinska Institute)
  • Sastra (ditentukan oleh the Swedish Academy)
  • Perdamaian (ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting)

Setelah Nobel meninggal ternyata dia belum meminta badan penentuan apakah mereka bersedia menjalani tugasnya; mereka memutuskan untuk melakukannya setelah begitu banyak keraguan.

Dalam 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah “Penghargaan dalam Sains Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel”.

  • Ekonomi (ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences)

Oleh karena penghargaan ini tidak berdasarkan keinginan Nobel, dan tidak dibayar dengan uangnya, secara teknis ini bukan Penghargaan Nobel (dan keluarga Nobel sekarang juga tidak menerimanya). Tetapi penghargaan ini diberikan bersamaan dengan penghargaan Nobel.

Dalam 1968, ditetapkan keputusan untuk tidak menambah penghargaan lainnya “untuk mengenang Nobel”. Dalam Februari 1995, penghargaan ekonomi dinamai penghargaan ilmu sosial, membuka kesempatan bagi bidang ilmu politik, psikologi, dan sosiologi. Komite penghargaan ekonomi ini juga memasukkan 2 orang non-ekonom, dimana sebelumnya terdiri dari 5 orang ekonom.

mmm, mengapa orang Indonesia jarang mendapatkan Nobel ??  sesuai dengan bacaan di atas. seseorang bisa mendapatkan nobel apabila dia melakukan sebuah penelitian Luar biasa. sedangkan untuk Indonesia sendiri, belum ada para ilmuwan yang bisa menciptakan sebuah penelitian yang luar biasa. itu adalah salah satu faktor yang bisa menyebabkan mengapa Indonesia jarang mendapatkan nobel.

selain faktor tersebut, salah satu yang harus dilakukan agar menjadi pemenang nobel adalah mereka harus sangat ”lapar pengetahuan” dan mempunyai keinginan kuat untuk membaca dan mempelajari berbagai ilmu, disaat mereka masih muda. Itulah sebabnya mengapa orang Indonesia jarang mendapat hadiah nobel.

ternyata tidak mudah untuk menjadi seseorang yangmendapatkan nobel. betapa bangga dan bahagianya orang -orang yang pernah mendapatkan Nobel itu.

>> punya pendapat lain,silahkan tinggalkan komentar anda🙂

sumber klik disini

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 5, 2011 in Bagaimana Dengan Fisika ?

 

Tag: , ,

One response to “Penghargaan Nobel

  1. tamix

    Maret 9, 2011 at 6:56 am

    Alfred Nobel = Penghargaan Nobel.
    Raja Oscar II = Piala Oscar ya???

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: